Mengawali tahun pelajaran 2019/2010, Yayasan Tunas Harapan Nusantara (YTHN), Bekasi, Jawa Barat menggelar seminar dan pelatihan untuk para guru.
Kegiatan yang berlangsung selama dua hari yakni, Senin (8/7/2019) dan Selasa (9/7/2019) itu diharapakan dapat mengembangkan kemampuan guru, terutama dalam memahami karakter peserta didik.
Pada seminar hari pertama, para guru di Yayasan Tunas Harapan Nusantara (TK, SD dan SMP) mendalami materi “Graphology”, yaitu ilmu yang mempelajari tentang tulisan tangan. Materi “Graphology” ini dibawakan oleh seorang grapholog terkenal, Ir. Samuel Arifin, MBA, CBA dari Yayasan Pelayanan Anak Calvary Cabang Bekasi (Calvary Counseling Centre)
Seminar “Graphology” dimulai dari jam 07.30 hingga pukul 14.25 WIB, dan dibagi dalam tiga sesi. Dalam tiga sesi seminar, puluhan guru di THN terlihat antusias mengikuti pelatihan.
Dalam pemaparannya, Samuel mengatakan, dari tulisan tangan ini akan terlihat bagaimana karakteristik seseorang yang sebenarnya, mulai dari sifat aslinya hingga perilaku seseorang tersebut mulai dari perilaku ‘in private’ hingga perilakunya di depan publik.
Selain karakteristik, kata Samuel, graphology juga dapat menemukan kecenderungan-kecenderungan negatif dan positif dari setiap orang (peserta didik) serta menemukan potensi yang mungkin belum disadari.
Di hari kedua, para guru di THN mendalami materi Konseling dengan Topik: “Guru sebagai Konselor”. Materi ini dibawakan oleh Gerna Situmeang, M.A (Counseling), CLC, seorang konselor dari Yayasan Busur Emas.
Sebagaimana seminar sebelumnya, seminar Konseling ini dibagi dalam tiga sesi. Untuk sesi pertama dan kedua, para guru dibekali ilmu dasar Konseling. Kemudian, di sesi ketiga, diberikan kesempatan untuk mempraktekkan langsung materi yang sudah diberikan.
Pengurus Harian Yayasan Tunas Harapan Nusantara, Ibu Immaculata mengatakan, seminar dan pelatihan selama dua hari ini digelar untuk menunjang kemampuan guru untuk memahami karakter dan potensi anak. Beliau juga berharap agar materi yang sudah didalami ini dapat diterapkan dalam kegiatan belajar mengajar (KBM).